Sepuluh Perusahaan Raih Award IGSCA

Majalah SWA dan SWAnetwork mengapresisi perusahaan-perusahaan yang telah menjalankan bisnis berkelanjutan. Apresiasi itu pun dihargai dengan menyelenggarakan Indonesia Green & Sustainable Companies Award (IGSCA) Awarding 2022.

Group Chief Editor SWA Media Kemal E.Gani mengatakan, kriteria penilaian IGSCA terdiri dari aspek Ekonomi Berkelanjutan, Inklusi Sosial, Kesejahteraan dan Kenyamanan Karyawan, Pengelolaan Lingkungan, serta Standar Etika dan Kepatuhan (Compliance). Untuk penjurian dilaksanakan pada 22-24 Maret 2022. Dewan Juri menetapkan lima aspek untuk menilai para finalis itu.

Masing-masing adalah ekonomi/bisnis berkelanjutan, inklusi sosial, kesejahteraan dan kenyamanan karyawan (bobot masing-masing 15 persen), kemudian pengelolaan lingkungan (20 persen) serta standar etika dan compliance (10 persen). Dari lima aspek tersebut, kemudian dinilai hasil-hasil yang dicapai dan dampak nyata secara keseluruhan (bobot 25 persen).

Menurut salah seorang Juri IGSCA 2022 Darwina Wijayanti, aspek penting dalam kompetisi IGSCA adalah masuknya unsur keberlanjutan dalam melakukan bisnis. Perusahaan diharapkan tidak hanya mengejar profit semata, melainkan juga harus memperhatikan aspek keadilan sosial dan aspek kelestarian lingkungan.

Dewan Juri pun menetapkan 10 perusahaan dengan nilai tertinggi yang menerima penghargaan IGSCA 2022 dan tiga perusahaan yang mendapatkan penghargaan khusus. Sepuluh perusahaan itu yaitu Danone Indonesia, DBS Indonesia, L’Oréal Indonesia, PT Indonesia Power Grati Pomu, Sido Muncul, PT Kaltim Prima Coal, PT Kirana Megatara Tbk., PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan.

Selain itu juga terdapat PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim ), plus PT Pupuk Sriwidjaja Palembang. Dan 3 penghargaan khusus yaitu PT Indonesia Infrastructure Finance (Best Program in Sustainable Financing), PT Lion Super Indo (Pioneer in Sustainable Retail) dan PT Vena Energy Indonesia (Rising Star in Sustainable Energy).

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *